PangrangoCamp || Event Organizer Kawasan Cibodas TN Gede Pangrango

Cibodas - Kebun Raya Cibodas - Taman Obat

Berbicara tentang obat mungkin akan identik dengan penyakit. Ada jenis obat yang herbal dan ada juga yang tidak. Berbicara tentang obat herbal sebenarnya banyak orang yang belum mengetahui bahwa masih banyak tanaman yang ada disekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kebun Raya Cibodas selain mengkoleksikan tanaman keras juga mengkoleksikan berbagai tanaman obat. Nah di Kebun Raya inilah pengunjung akan dapat menemui berbagai tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal yang dikoleksikan di dalam sebuah satu petak kebun. Kebun ini mulai dibangun dan diresmikan pada tahun 2005 atas Inisiator dari Mantan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kebun Raya Cibodas Didin Ahmad Nurdin, S.Si. (alm.). Kebun ini memiliki luas ± 3000 m2 dan dibangun untuk mengoleksikan berbagai tanaman obat yang berasal dari berbagai daerah. Sampai saat ini terdapat ± 164 jenis tanaman obat yang dikoleksikan di Kebun Raya Cibodas.


Cibodas


Cibodas


Cibodas


Cibodas


Cibodas

Berbagai contoh tanaman obat yang ada di Cibodas adalah Centella asiatica (L). Urb atau yang sering kita kenal dengan pegagan atau antanan konon katanya dapat digunakan sebagai obat peningkat daya ingat. Tanaman ini tumbuh liar di dekat sawah atau di dekat selokan-selokan. Pegagan dapat dimakan secara langsung dapat juga untuk lalapan atau campuran pembuatan asinan. Perbanyakan tanaman ini sangat mudah dilakukan yaitu melalui stek akar.


Selain tanaman pegagan ada juga Euchresta horsfieldii (Lesch.) atau sering kita kenal dengan Ki Jiwo ini termasuk ke dalam family Fabaceae. Euchresta horsfieldii atau sering kita kenal dengan nama Ki Jiwo ini termasuk kedalam keluarga Polong-polongan. Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang umumnya tumbuh di hutan sekunder dan lereng gunung dengan ketinggian 1300-2000 m dpl. Tanaman ini kebanyakan ditemukan di pegunungan Tengger dan cara perbanyakannya juga mudah yaitu melalui biji dan stek batang. Ki Jiwo memiliki biji yang berbentuk lonjong dan dipercaya dapat untuk mengobati batuk darah, aprodisiak, pelancar air seni, mengurangi keputihan dan mengencangkan daerah kewanitaan serta mempertahankan stamina.

Instagram.